Cara merakit Power Supply dari limbah bekas elektronik

Limbah elektronik di bengkel audio saya begitu banyak. Limbah limbah elektronik ini berasal dari perangkat audio yang susah untuk diperbaiki karena kerusakan parah dan ketiadaan sparepart. Sama pemilik ditinggal begitu saja.

Kebetulan ada Trafo 8A, Transistor jengkolan, diode, elko, Ic regulator 7812, dan kabel2. Komponen ini berasal dari kompo sony dan amplifier OCL 300W. Dari pada nganggur akau rakit menjadi power supply sajalah biar bermanfaat.


Trafo 8A ini asli sony jepang, cukup berat bobotnya. Lebih berat dari trafo 10 lokalan. Terminal outputnya terbagi dala beberapa tegangan. Akan tetapi kita pakai saja yang  kisaran 25V. Dan pada nantinya akan kita turunkan ke 12V memakai IC 7812.


Untuk diode menggunakan  Diode bridge 10A. Dan hanya kita gunakan sisi positif saja karena Trafo 8A ini jenis CT.


Untuk filter riple atau riak kita gunakan 2 buah elko dengan kapasitas 3300uf 100V bawaan dari kompo sony asli jepang juga.




Sedangkan untuk penguat arus dari power supply dari limbah elektronik ini meggunakan 3 buah jengkolan buatan malaysia bermerek ST. Pendingin almunium juga dari rongsokan elektronik juga.

Skema rangkaian power supply 12V
Ada tambahan Diode di kaki tengah IC 7812, fungsinya untuk menambah tegangan keluaran. Karena pada kenyataannya 7812 hanya mampu mengeluarkan tegangan dibawah 12V.


Test rangkaian power supply ini sebelum di pasang penguat arus
Merakit power supply dari barang bekas

Testing setelah dipasang penguat arus tegangan turun ke 12.25V.

Komentar

  1. Mas saya punya trafo malaysia 8amper itu letak 0 dan 220 nya dimana ya, terimakasih

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Merakit Lampu Emergenci dari Baterai dan LCD bekas Hp

Cara membuat SWR dan RF Power Meter sederhana